A. Organisasi dan Manajemen
- Ada visi dan misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
- Ada kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan berbudaya lingkkungan.
- Ada kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam.
- Ada kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
- Ada kebijakan sekolah untuk mengalokasikan dana untuk kegiatan yang terkait dengan budaya lingkungan.
B. Kurikulum dan Pembelajaran
- Tersusun dalam pengembangan model pembelajaran lintas pelajaran.
- Ada pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar.
- Ada pengembangan metode belajar berbasis ingkungan dan budaya.
- Ada pengembangan kegiatan kurikuler untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan.
C. Pengembangan Ketenagaan
- Ada kebijakan peningkatan kaasitas SDM (tenaga pendidik dan nonpendidik) di bidang pendidikan budaya lingkungan.
- Ada tenaga khusus sanitasi sekolah.
- Ada tenaga pendidik memiliki kompetensi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
- Ada tenaga pemeliharaan dan permbersihan drainase di dalam dan di lingkungan sekolah (sampah, gulma dan sedimen).
D. Pengembangan Sarana dan Prasarana
- Membuat jadwal dan mekanisme untuk kegiatan pembersihan toilet sekolah.
- Pengadaan air bersih yang menuckupi untuk semua warga sekolah.
- Pengembangan fungsi sarana pendukung untuk pendidikan lingkungan hidup.
- Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan.
- Penghematan sumber daya alam (listrik, air dan ATK) dan meningkatan kualitas makanan sehat.
- Penempatan lokasi kantin yang memenuhi syarat kebersihan (tidak dekat denga WC/TPS).
- Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah, swasta, media, sekolah lain) dalam melaksanakan kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
E. Pembinaan Kesiswaan
- Pembiasaan diri peserta didik melalui berbagai disiplin yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan di sekitar sekolah.
- Pengembangan kreatifitas peserta didik dalam mengelola lingkungan dengan berdasarkan pada nilai/etika lingkungan.
- Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran perlindungan dan pengelolaan lingkungan.
- Ada kegiatan dalam ekstrakurikuler dtau kokurikuler yang mendukung pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup di lingkungan sekolah.
- Ada upaya pengelolaan sampah dalam menunjang kebersihan dan kesehatan sekolah.